SPONSOR

Sunday 30 October 2016

PERBEDAAN PEMIMPIN DAN MANAJEMEN


Bagi banyak orang, kata manajemen mengesankan kata-kata, seperti efisiensi, perencanaan, pekerjaan tertulis, prosedur, regulasi, kontrol, dan konsistensi. Kemudian kepemimpinan seringkali diasosiasikan dengan kata-kata, seperti pengambilan risiko, dinamis, kreativitas, perubahan, dan visi. Namun, beberapa orang mengatakan bahwa kepemimpinan pada dasarnya adalah pemilihan nilai. Dengan demikian, kepemimpinan dapat diartikan sebagai aktivitas yang berkaitan dengan nilai, sedangkan manajemen tidak demikian. Para pemimpin dituntut untuk melakukan hal-hal yang tepat, sebaliknya para manajer dituntut untuk melakukan hal-hal secara tepat (Hughes, Robert, &Gordon, 2012).
Berikut ini terdapat beberapa perbedaan antara manajer dengan pemimpin, antara lain sebagai berikut (Hughes, Robert, &Gordon, 2012) :
MANAJER
PEMIMPIN
          Manajer melaksanakan
          Pemimpin berinovasi
          Manajer memelihara
          Pemimpin mengembangkan
          Manajer mengontrol
          Pemimpin menginspirasi
          Manajer berpikir jangka pendek
          Pemimpin berpikir jangka panjang
          Manajer bertanya bagaimana dan kapan
          Pemimpin bertanya apa dan mengapa
          Manajer meniru
         Pemimpin menciptakan sesuatu yang original
          Manajer menerima status quo
          Pemimpin menolak status quo

            Namun, kepemimpinan dan manajemen dapat saling melengkapi satu sama lain dan keduanya merupakan hal yang vital bagi keberhasilan sebuah organisasi. Kemudian kepemimpinan dan menajemen adalah dua fungsi yang saling tumpang tindih. Meskipun terdapat beberapa fungsi khusus yang dilaksanakan oleh pemimpin dan manajer (Hughes, Robert, &Gordon, 2012).

Sumber Bacaan :

Hughes, Richard L., Robert C. Ginnett, & Gordon J. Curphy. (2012). Leadership : Enhancing the Lessons of Experience, 7th Ed. Terj : Putri Iva Izzati. _____ : McGraw Hill 

No comments:

Post a Comment