SPONSOR

Sunday 29 January 2017

JENIS-JENIS RANCANGAN PENELITIAN



Dalam sebuah penelitian, peneliti akan menentukan jenis rancangan apa yang akan mereka gunakan untuk memperoleh sebuah data penelitian. Creswell (2009) dalam bukunya menjelaskan bahwa terdapat tiga jenis penelitian yang dapat digunakan, seperti penelitian kuantitatif, kualitatif, serta penelitian yang menggunakan metode campuran antara kuantitatif dan kualitatif.
1.      Penelitian Kuantitatif
Penelitian kuantitatif merupakan suatu metode yang digunakan untuk menguji teori-teori tertentu dengan cara meneliti hubungan antarvariabel. Variabel-variabel yang diukur dalam penelitian kuantitatif biasanya menggunakan instrumen-instrumen penelitian, sehingga data yang diperoleh dalam penelitian berupa angka. Kemudian peneliti akan melakukan analisis data berdasarkan prosedur statistik. Hal ini membuat laporan akhir dalam penelitian kuantitatif memiliki struktur yang ketat dan konsisten karena penelitian ini terdiri dari pendahuluan, tinjauan pustaka, landasan teori, metode penelitian, hasil penelitian, dan pembahasan. Selain itu, penelitian kuantitatif memiliki asumsi yang dilakukan secara deduktif untuk menguji teori, mencegah munculnya bias dalam penelitian, mengontrol penjelasan yang bersifat alternatif, serta mampu menggeneralisasikan dan menerapkan kembali penemuan sebelumnya (dalam Creswell, 2009).

2.      Penelitian Kualitatif
Penelitian kualitatif merupakan sebuah metode penelitian yang digunakan untuk mengeksplorasi dan memahami suatu makna yang berasal dari masalah sosial atau kemanusiaan sejumlah individu atau sekelompok orang. Dalam penelitian kualitatif, peneliti dapat melibatkan upaya-upaya penting, seperti mengajukan pertanyaan dan prosedur dalam penelitian, mengumpulkan data spesifik yang berasal dari para partisipan, menganalisis data secara induktif dengan cara menentukan tema-tema khusus menjadi tema-tema umum, serta menafsirkan makna dari sebuah data. Laporan akhir dalam penelitian kualitatif memiliki struktur yang fleksibel karena peneliti memiliki cara pandang penelitian yang bersifat induktif, berfokus terhadap makna yang diperoleh secara individual, serta peneliti mampu menerjemahkan kompleksitas suatu persoalan (dalam Creswell, 2009).

3.      Penelitian Metode Campuran
Penelitian dengan menggunakan metode campuran merupakan suatu pendekatan dalam sebuah penelitian yang mengkombinasikan antara bentuk kualitatif dengan bentuk kuantitatif. Penelitian ini melibatkan asumsi yang bersifat filosofis serta menggunakan aplikasi pendekatan secara kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dalam satu penelitian. Kemudian pendekatan ini cenderung lebih kompleks karena pendekatan ini bukan hanya mengumpulkan dan menganalisis dua jenis data, tetapi penelitian ini melibatkan fungsi dari dua pendekatan penelitian yang dilakukan secara kolektif. Hal ini membuat pendekatan ini memiliki kekuatan yang lebih besar secara keseluruhan daripada penelitian kualitatif dan kuantitatif (dalam Creswell, 2009).

No comments:

Post a Comment